Wisata Hutan Mangrovesari

  • Sep 09, 2024

Awalnya kawasan wisata hutan mangrove pandansari merupakan kawasan rehabilitasi hutan mangrove yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2017. 

Wisata Hutan Mangrovesari Pandansari terletak di Dukuh Pandansari  Desa Kaliwlingi RT 01 RW 05, Kec. Brebes, Kab. Brebes. Kawasan Wisata Hutan Mangrove Pandansari dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewi Mangrovesari. Pokdawis Dewi Mangrovesari berdiri pada 6 April 2016 berdasar SK Kadin Dinporapar Kabupaten Brebes No. 556/292/2016.

Kawasan wisata hutan mangrove pandansari memberi dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat yang tinggal disekitarnya terutama dari sektor pariwisata, karena dengan adanya desa wisata pendapatan masyarakat disekitar kawasan mangrove pandansari meningkat. Kawasan mangrove pandansari juga memberi andil yang sangat besar dalam mengurangi abrasi di sepanjang garis pantai di wilayah Kabupaten Brebes. Juga berperan penting dalam upaya mitigasi pemanasan global dengan mengurangi konsentrasi CO2 di udara.